Oleh: Inforkom KL | November 14, 2008

Magang.. ooh.. magang… ( episode 1 ‘story about kelompok 3’ )

Jreng…!! kelompok 3, minggu kedua Nov’08..

tempat : PDAM MACCINI SOMBALA

“ hah? Dimana tuh? “

“ Dekat Jembatan menuju Benteng Somba Opu “

Waaaaaaaaaaaaaaakkkkkkssss………………. ( ‘shock’ mode on )

 bagi pembaca non makassar, benteng somba Opu itu jauh banget!  

***

Akhirnya dimulailah petualangan Dora hari pertama mencari Lokasi.

2 orang personil dari kelompok 3 yang sama sekali buta arah, sama sekali tidak membawa kompas, sama sekali tidak membawa peta, ketemu dan janjian berangkat sama-sama ( cocokmi…), dengan pedenya naik pete-pete.

Hasilnya sudah pasti…. tersesat! ( pastimi iya.. )

Setelah melamun kira-kira 3 judul, setelah teler-bangun-teler-bangun, setelah dipandangi seluruh penumpang pete-pete yang selalu salah jurusan, setelah 3x naik turun pete-pete, akhirnya sampai juga dengan penampilan porak poranda dan kondisi menyedihkan, udah gitu telat 1 setengah jam lagi! Benar-benar penuh pengorbanan, daya juang, dan harga diri yang tinggi!

“Ternyata tempatnya disini toh? Dari tadi kek! ” ucap dua orang tadi sembari menatap pedih jalan menuju roma… ( sedih kan? ) Tempatnya dekat kontruksi pemuatan pasir, disamping sungai, harus jalan kira-kira 100 meter kedalam.

PDAM Maccini Sombala

PDAM Maccini Sombala

Sampai disana teman-teman yang lain sudah pada datang.

Untunglah bapak –bapak disana baik sekali, dengan wajah ramah dijelaskan tempat-tempat PDAM beserta fungsinya. Apa saja yang ditanyakan pasti dijawab sejelas-jelasnya. Hmm… kami jadi senang bertanya dan tidak kaku, semua kegelisahan pra-magang menguap entah kemana, suasana jadi santai. Sepanas apapun keadaan saat itu, bapak tersebut tetap menjelaskan dengan senang hati.

 Saat menerima penjelasan

Hari pertama berisi tahap-tahap pengenalan akan alat-alat operasional PDAM.

Air baku yang diambil PDAM Maccini Sombala adalah sungai yang tepat disamping PDAM.

Proses pengolahan air baku menjadi air bersih dimulai dari air sungai yang disedot masuk sebuah pipa, berikut gambarnya,

 100_02682 100_0426 100_04301

Kemudian masuk kedalam bak-bak yang telah disiapkan, bak-bak tersebut terbagi lagi menjadi beberapa, jika ditulis alurnya akan seperti ini :

Koagulasi – flokulasi – saringan – bak sedimentasi –  selanjutnya dengan pompa dialirkan untuk proses penjernihan ke rumah mesin

Koagulasi - Flokulasi - Saringan - Bak sedimentasi

Koagulasi - Flokulasi - Saringan - Bak sedimentasi

Koagulasi : Penggumpalan partikel koloid dan membentuk endapan. Dengan terjadinya koagulasi, berarti zat terdispersi tidak lagi membentuk koloid. Koagulasi dapat terjadi secara fisik seperti pemanasan, pendinginan dan pengadukan atau secara kimia seperti penambahan elektrolit, pencampuran koloid yang berbeda muatan.

Koagulan : Zat kimia yang menyebabkan destabilisasi muatan negatif partikel di dalam suspensi. Zat ini merupakan donor muatan positip yang digunakan untuk mendestabilisasi muatan negatip partikel. 

Flokulasi : Penyisihan kekeruhan air dengan cara penggumpalan partikel untuk dijadikan partikel yang lebih besar. Gaya antar molekul yang diperoleh dari agitasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap laju terbentuknya partikel flok.
Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan proses flokulasi adalah pengadukan, dimana dikenal tiga macam cara pengadukan yaitu mekanis, pneumatis dan hidrolis. Pengadukan dengan cara mekanis adalah yang paling banyak digunakan dalam pengolahan air minum, namun memerlukan peralatan yang rumit dan pasok enerji yang cukup besar.

Sedimentasi : Proses pemisahan partikel-partikel melayang di dalam air oleh pengaruh gaya gravitasi atau gaya berat partikel.

 

Tunggu saja laporan selengkapnya di posting-posting mendatang 

 NB : buat teman-teman kelompok lain yang mau kegiatannya juga di posting, silahkan kasih tulisannya.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: