Oleh: Inforkom KL | April 27, 2008

Aksi ‘HARI BUMI’

Matahari hari itu begitu membakar hingga menembus lapisan jaket yang kami pakai….tapi tak pernah surut aksi kami menyuarakan “SELAMATKAN BUMI KITA…” bahkan sampai muncrat-muncrat. Beberapa orang yang lewat sempat tercengang-cengang melihat aksi kami, awalnya mereka tidak tahu apa yang terjadi, tapi setelah dibagikan bunga dan selebaran, tahulah mereka kalau hari itu adalah hari bumi. Pete-pete yang lewat di depan monumen mandala sedikit perlahan menurunkan kecepatan mesinnya.

Fuuhh…

yak…kami anak Kesehatan Lingkungan FKM UNHAS, sedang meneriakkan kata-kata penyelamatan bumi, sampai banjir keringat, bau badan, dan tak ketinggalan…muncrat…tapi itu tidak sebanding dengan bumi kita yang sedang menangis….

Ada bapak-bapak polisi yang mengawal kami, tenang pak polisi….kami tidak mengganggu sarana umum kok…

awalnya kirain pak polisi tuh pada garang…eh ternyata….bisa lucu jugaa…hehehe…lucu kalo diingat-ingat lagi.

Ada juga lho spanduk yang isinya tanda tangan siapa aja yang setuju dengan misi penyelamatan bumi ini, penuh lho….malah ada siswa-siswa smu yang diseret buat tandatangan, dengan iming-iming didoain supaya lulus ujian akhirnya, kebetulan hari itu pas ujiannya

hehehe….tapi bukan ngancam mereka kok, karena kayaknya mereka benar-benar mendukung sepenuhnya upaya menyelamatkan bumi ini.

Oh iya, kami juga membawa replika bola bumi lho….itu dibuat dengan penuh pengorbanan oleh anak-anak Forkom KL, sampai nginap segala….

tuh bola bumi tiruan diangkat-angkat, dipeluk-peluk, dielus-elus, dibawa-bawa kesana kemari…pokoknya disayang-sayang deh….

Kalo mau liat bola buminya….ada foto-fotonya nih….liat aja sendiri….

pokoknya hari yang heboh dan seru deh….konyol…tapi serius…….

Iklan
Oleh: Inforkom KL | April 10, 2008

Pekan Perayaan Hari bumi

Oleh : Forkom Mahasiswa Kesehatan LIngkungan FKM UNHAS

Sejarah panjang kehidupan manusia di planet bumi telah mencatat beberapa perubahan yang nyata dalam menyelenggarakan interaksinya dengan lingkungan alam sekitarnya. Untuk mempertahankan kehidupannya, manusia menghadapi tantangan yang berat dari sistem biogeofisik, antropofer harus berjuang untuk mencapai keseimbangan dengan biogeosfer. Dominasi biogeosfer memungkinkan untuk mendaur ulang limbah antropogenik melalui proses-proses aliran limbah secara alami dalam dimensi waktu ratusan tahun bahkan millennium. Apabila terjadi ketidakstabilan boosfer maka gejalanya berlangsung secara lokal seperti musnahnya lapisan penutup atau punahnya sumber daya hutanoleh ekploitasi aktifitas manusia.

Meluasnya aktivitas industri secara luar biasa selama lebih dari dua abad yang menjelma menjadi proses industrialisasi, ini eksistensinya menuju proses yang tidak terkendali, tidak berkelanjutan dan mulai menghancurkan biogeosfer. Walaupun kerusakan biogeosfer merupakan proses alami yang tidak terelakkan, namun tanpa intervensi yang terarah dan bertanggung jawab. Hal ini ternyata telah memberikan kontribusi pada perjalanan tahun, dekade, dan abad hingga mencapai kondisi kerusakan lingkungan seperti sekarang. Hal ini terbukti dengan adanya gejala dan kejadian yang dikenal sebagai:

  • Perusakan lapisan ozon

  • Efek rumah kaca

  • Meningkatnya keasaman tanah dan air permukaan

  • Meningkatnya konsentrasi logam berat pada sedimen dan tanah

  • Kontaminasi dan menurunnya debit air tanah

  • Pemusnahan hutan hujan tropis, lahan basah, dan keanekaragaman hayati

Hal-hal tersebut merupakan sebagian kerusakan yang diderita oleh ekosistem.

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak luput dari kerusakan lingkungan. Saat ini sangat sulit mendapatkan lahan kosong di Indonesia. Hutan-hutan telah dijadikan daerah Baca Lanjutannya…

Oleh: Inforkom KL | April 7, 2008

Ngumpulin Kertas buat Ngumpulin Duit

(Sebuah episode unik aktifitas kami menjelang Hari Bumi 2008)

Oleh : Irfan Ilham (Ketua FORKOM-KL)

“Disampaikan kepada seluruh mahasiswa Kesling….. bagi yang memiliki kertas yang udah gak kepake lagi… tolong bawa ke kampus… wajib untuk semua mahasiswa Kesling… Bagi yang punya kenalan, soulmate, adik, kakak, om, tante, sepupu, mama, papa, nenek, kakek, atau sejenisnya tolong ditanyakan ke mereka, kali aja mereka punya sampah kertas di rumah…. Dan ingat dikumpul secepatnya …. Kumpul sama Mas fahri ya… (Fahri = Fahrul Islam …. Uuuu maunyamo…)”

Begitulah kira-kira pidato singkat yang dikumandangkan oleh panglima perang hari bumi 2008 Pangeran Denisnegoro (Denisji namanya…. Biar keren toh….). Pidato singkat tersebut terasa sangat berkesan dan membakar semangat para prajurit hari bumi ’08 yang sudah terbakar oleh terik matahari dilego2 FKM siang itu. Ya…sekarang adalah saatnya untuk angkat senjata …. peperangan sudah semakn dekat waktunya… kita harus menyediakan amunisi yang cukup untuk menghadapi perang tersebut (Lha, apa hubungannya dengan kertas bekas????).

Kurang lebih seperti itulah salah satu aktifitas / usaha yang kami lakukan menjelang perayaan hari bumi 2008. Bukan karena kurang kerjaan lho…. Tapi lebih kepada aplikasi ilmu kesehatan lingkungan yang kami dapatkan dibangku kuliah (soo…sweeett..). Tapi benarkah? Masa’ aplikasi ilmunya dengan cara ngumpulin kertas bekas… itukah yang diajarkan sama Bang dr. Hasan, dan kawan-kawan selama kuliah di bagian Kesling..?? “setidaknya ada jawabanta’ yang lebih ilmiah kalo ada orang yang nanya sama kita”. Begitu jawaban salah seorang mahasiswa Kesling yang siang itu lagi kurang kerjaan, siang-siang kerjaannya usil, sambil ngupil, pake pensil, upilnya dibuat obat dalam bentuk pil. “Tapi jujur aja yah… ini semua tuh buat dijual sebagai bentuk pencarian dana kita buat hari bumi…..” Sambungnya dengan nada yang lebih tinggi… Setinggi cita-citanya yang katanya ingin jadi ketua jurusan Kesling kalo udah besar ….

Kata Ustad yang sering shalat di mesjid (ya…. Iyyalah sering ke mesjid… Ustad gitu loh…) “kerjakan apa yang menurut kalian baik dan bermanfaat bagi orang lain,karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. “Yang penting orientasinya bukan hanya materi yang ingin kita dapat tapi amal dan pahala merupakan bagian yang paling penting dari niat kita” Sambung Ustad tersebut yang hari itu kebetulan lagi baca Koran SINDO. Setidaknya kata-kata bijak dari Ustadz tadi setidaknya memberikan gambaran dan semangat yang positif bagi teman-teman prajurit hari bumi 2008.

Kurang lebih sudah 1 minggu, 5 hari 15 jam 30 menit 65 detik (ngitungnya sementara tulisan ini ditulis) kertas yang terkumpul masih dikit, ada yang kecewa, ada yang biasa aja…. Biasa… realitas mahasiswa modern sekarang….. kadang-kadang sulit menempakan rasa pedulinya untuk urusan yang katanya “Gak ada untungnya buat Gue”. Tapi kita sih Cuma bisa berdoa aja semoga amal ibadahnya di terima disisi-Nya (loh… maksudnya apa nih…). Kalo kertas yang terkumpul sama Pimpro (Fahri) itu sih cuma cukup buat beli permen aja….. Beratnya aja 1 kilo gak cukup (Kok sama yah beratnya sama Pimpro). Gimana mau dapat duit 1 juta?? Mimpi kali ye…………

Oleh karena itu, maka untuk membentuk sebuah tatanan struktur/teamwork yang solid (Cie…. Keren yah bahasaku…. Bahasa Indonesiaku dapat A loh) harus kita mulai dari hal yang paling kecil dulu. Kalo sama aktifitas ngumpulin sampah kertas aja kita gak respek…. Gimana dengan hal yang lebih benting dan lebih berharga daripada itu….

Oiii…. Mahasiswa UNHAS!!!!!!!!!! Bangkit donk…. Katanya mahasiswa harus semangat, katanya mahasiswa itu agent of change (bagi yg tdk artinya : “Dilarang Merokok”). Kalo gini keadaannya, tinggal bilang aja learn me to be agent of change (maap klo englishnya salah). Udah , kita gak usah jauh2 bahasannya.

Kita kembali ke cerita tentang sampah kertas tadi…….btw semuanya harus sadar dan dengan sendirinya mau untuk mengambil peran untuk menyukseskan acara hari bumi kita. Titik tekannya bukan pada masalah sampah kertasnya, bukan pada masalahnya banyak tidaknya keuntungan yang didapatkan, yang menjadi titik tekannya adalah tombol ”on”, uppss maksudnya adalah proses pelibatan dan pengambilan peran oleh semuanya dalam menyukseskan kegiatan kita. INGAT!!!! FORKOM KL bukan hanya miliki ketua, sekertaris, bendahara, apalagi Bang Fahri (cape deh…..). Ia adalah tanggung jawab kita, ia besar dan berkembang jika semua yang ada di dalamnya bergerak…. Ingat fren… BERGERAK…. Bukan diam menunggu perintah, arahan, pidato, dan sejenisnya. Lebih konkrit lagi….. kita merindukan semangat dan partisipasi dari seluruh teman-teman di KESLING. Tinggalkan kebiasaan habis kuliah lngsung mencari kantin, habis kuliah mencari lokasi dan pasangan yang tepat untuk melanjutkan agenda gossip yang sempat tertunda karena lagi ada kuliah, tinggalkan kebiasaan selesai kuliah langsung hilang entah kemana, entah pake ilmu apa, dibantu sama jin mana, atau pake jimat apa.

Kita ingin membumikan budaya diskusi…. Dan itu salah satu kebutuhan utama kita…. Lebih banyak manfaat yang akan kita peroleh…..bahkan bisa lebih banyak duit yang kita peroleh bagi yang mata duitan (sorry gak bermaksud nyinggung teman2 DANUS lho).

OK Fren… tolong kita sama2 sadari dan renungi yah….. To Teman2 panitia hari bumi 2008 tetap semangat. Klo dananya belum cukup rampok aja di bank (tapi nanti duitnya dibalikin yah…) Bung Fahri juga tetap semangat yah!!!! Masih banyak kertas-kertas yang menanti untuk dijemput dan dikumpulkan olehmu…………. Selamat Hari Bumi 2008 (Gak apa2 yah saya ucapin duluan). Harapan kita bukan bumi aja yang mau diselamatkan…….. FORKOM juga…..So …

Save our FORKOM-KL from ………………………. (silahkan isi sendiri…)

Diselesaikan,

Jumat malam jam 22.55

( diiringi soundtrack ayat-ayat cinta )

Ketua FORKOM KL sekarang

Oleh: Inforkom KL | April 7, 2008

AYAT-AYAT CINTA (LINGKUNGAN)….

Oleh : Irfan Ilham (Ketua FORKOM-KL)

“Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (QS. 2 : 22)

Islam sebagai agama yang sejak awal menegaskan misinya sebagai rahmatan lil’alamin, tentu saja karenanya sangat peduli dengan masalah-masalah lingkungan. Allah SWT dalam pandangan Islam disebut juga sebagai rabbul’alamin, Tuhannya semesta alam, karenanya Allah lah yang menciptakan seluruh jagad raya dan seisinya dan karenanya Ia menciptakan lingkungan bagi manusia. Kita pastinya sudah sama-sama mengetahui bahwa semua yang ada didunia ini merupakan ciptaan dari Allah SWT. Tapi kebanyakan diantara manusia itu tidak mengetahui bahkan ada yang pura-pura tidak tahu. Mudah-mudahan kita bukan bagian dari mereka. Semoga saja …..

Sangat wajar jika sejak awal idiologi Islam adalah idiologi yang menegaskan pentingnya manusia sebagai hamba Allah untuk peduli dan menyelamatkan lingkungan. Makanya, manusia itu disebut khalifah. Khalifah artinya wakil Allah di muka bumi (INGAT… WAKIL ALLAH) yang terus menerus menghadirkan proses regenerasi untuk hadirnya kepemimpinan maupun hadirnya kehidupan yang bisa diwarisi oleh generasi yang akan datang. Itu tidak mungkin terjadi, kalau manusia mengabaikan perannya sebagai hamba Allah yang rabbul’alamin itu, kemudian tidak mengikuti Rasulullah SAW yang risalahnya adalah rahmatan lil’alamin termasuk untuk alam itu, dan tidak mungkin akan terjadi kalau manusia tidak melakukan peranan ubudiyah dan imaratul ardh (memakmurkan bumi).

Berbicara tentang lingkungan, tentunya hal tersebut merupakan hal yang paling fundamental untuk mendukung setiap aktifitas manusia dalam kesehariannya untuk mencapai hasil yang optimal. Hal ini sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Allah melalui utusannya yang mulia Rasulullah SAW dalam Surah Al Baqarah ayat 22 : “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

Ayat diatas menginformasikan kepada kita tentang karunia yang sangat besar yang diberikan Allah kepada kita. Untuk alasan itulah kenapa kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT. Mari kita merenungi karunia besar tersebut dan ucapkanlah rasa syukur tersebut dengan lisan- lisan kita (Alhamdulillah) kemudian mari melanjutkannya dengan amalan sebagai bentuk aplikasi dari rasa syukur kita atas anugerah yang tidak ternilai harganya tersebut.

Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Antara manusia dan lingkungan terdapat hubungan timbal balik. Manusia mempengaruhi lingkungan hidupnya, sebaliknya manusia juga dipengaruhi oleh lingkungannya. Manusia ada dan berada di dalam lingkungan dan tidak dapat terpisahkan daripadanya. Eksistensi manusia di dunia ini sebagian Karena sifat keturunannya dan sebagian lagi yang sangat berperan adalah lingkungan hidupnya. Interaksi antara manusia dengan lingkungan hidup telah memberikan manfaat dan efek keberhasilan dan kesuksesan yang luar biasa kepada manusia. Demikian pula sebaliknya, lingkungan hidup dapat lebih hidup dan terbentuk karena adanya pola interaksi antara lingkungan hidup dan manusia Oleh karena itu, keseimbangan itu harus selalu ada untuk menjaga eksistensi keduanya. “Manusia tidak ada artinya tanpa Baca Lanjutannya…

Oleh: Inforkom KL | April 5, 2008

Menyambut hari bumi

Mungkin alam mulai enggan

Bersahabat dengan kita

Coba kita bertanya

Pada rumput yang bergoyang

Penggalan lagu ciptaan Ebiet G. Ade diatas sangat mewakili kondisi kita sekarang.

Asap knalpot kendaraan beterbangan ke atas,

tidak terus……..

tapi terjebak………..

berputar- putar di sekeliling atmosfir……

nah…..

Tanggal 22 April nanti, apa yang dapat kita lakukan untuk bumi kita yang tercinta ini?

Jangan Tanya. Kalo ditanyakan pada masing-masing dari kita, pasti yang kita jawab hanya itu-itu saja. Bahkan, ada juga yang belum tahu kapan itu hari bumi? dan apa itu hari bumi? whoah! hebat! hebat! Saya sendiri baru tahu pas menjadi mahasiswa KL, betapa o’onnya….

Marilah kita merenung sejenak, tgl 22 april nanti, entah sudah keberapakah bumi kita terus berputar tanpa lelah.

kalo ditanya apa komentar saya

Betapa kasihan bumi kita ini……

Sudah diinjak-injak….

tidak dilindungi lagi!…

Ueahh…..’earth day’

welcome….

disambut….

setelah itu apa lagi??

biarkan lagi??

Sudah, tak ada yang perlu dikatakan lagi.

Oleh: Inforkom KL | Maret 26, 2008

Balada anak KL yang sibuk…

Sibuk, sibuk neh….anak KL- FKM UNHAS pada sibuk lari-larian nih…ada apa ya?

Whoah! ternyata sibuk mempersiapkan perayaan penyambutan HARI BUMI yang nantinya bulan depan (22 April) Kali ini kami dari jurusan Kesling mau mengadakan pekan perayaan hari bumi, balas dendam, soalnya tahun lalu saat hari bumi tidak membekas di ingatan, jadi tahun ini mau diselenggarakan secara khidmat dan konsepnya harus dibuat berkesan abis! Makanya gerakan Anak KL pun abis-abisan….termasuk nyari tempatnya buat rapatnya itu lhoo….hihihi…lucu sekali, sc, panitia, pengurus, mondar mandir nyari tempat buat rapat, biasanya pake kelas yang kosong…tapi ya itu….nanti diusir dong pas ada mata kuliah jurusan lain….di lego-lego….uuuuhhh…panaaaaasss…..belum lagi berisik, biasanya yang jadi tempat favorit sih di gazebo.

Nah….Rencananya ada beberapa kegiatan yang mau diadakan, dari tgl 21 – 25 itu rangkaian kegiatan sebelum kegiatan puncak, yakni seminar nasional yang bertema

‘SAVE OUR EARTH FROM GLOBAL WARNING’

Rangkaian kegiatannya sendiri dikonsep oleh SC yang berjumlah 7 orang dan dirapatkan setelah pembentukan panitia, salah satu kegiatan yang jadi primadona ialah aksi kampanye nanti, jadi saat aksi itu kami membagikan pamflet dan benih kepada masyarakat luas, siapapun itu, lokasi yang kami pilih pun stategis. Yang menarik adalah; rencananya beberapa orang dari kami memakai kostum, kostum apapun yang sesuai tema, pohon misalnya.Selain aksi kampanye ada juga lomba yang kami adakan, yakni lomba foto dan essay.

Untuk lebih lengkapnya lagi nanti akan dilampirkan di blog ini.

Kami juga berencana mengajak mahasiswa KL dari berbagai universitas lain untuk diajak kerja sama.

Seminar nanti, Insya Allah kami bisa menghadirkan Menteri Lingkungan Hidup, mudah-mudahan beliau mau menyempatkan dirinya untuk hadir sebagai pemateri.

Oke teman-teman, sampai disini dulu diary-nya Forkom KL, nanti direvisi lagi kalo ada perubahan atau penambahan rencana.

Mohon doanya dan dukung kami ya..ketik sms kirim ke….hualah….Doain mudah-mudahan lancar semua yang direncanakan, amiiiiin……..

Untuk anak-anak KL- UH ; SEMANGATTT!!!! Kita kan baru bangkit!!! Ayo, bawa nama Forkom KL!!!

Oleh: Inforkom KL | Maret 26, 2008

Diary forkom KL ; Menyebalkan tapi lucu…

Jam 10 pagi lewat, dosen mata kuliah ‘pengelolaan limbah padat’ yang harusnya jam 10 tidak masuk,

kesempatan (dalam kesempitan) itu digunakan anak-anak kesling untuk rapat membahas kegiatan ‘pekan hari bumi nanti’

saat itu ruang 113 berubah fungsi dari ruang kuliah menjadi ruang rapat. Suasana rapat biasa-biasa saja, seperti suasana rapat lainnya, namun mendadak jadi kacau, soalnya anggota rapat hanya sedikit yang memperhatikan, belum lagi teman-teman dari jurusan lain yang dengan cueknya mondar mandir masuk ruangan. Ketua panitia dan bebeapa teman didepan hanya bisa mengelus dada,

sabaaar……sabaaar…..

masalahnya ini sedang rapat ooii……yaaaah, mungkin teman-teman tadi tidak sadar kalo sedang ada rapat atau memang benar-benar tahu tapi anggapannya biasa saja?? Biarin dah!

Saat sedang asik-asiknya rapat, dosen jurusan kami yang tersayang hadir, dengan wajah yang khas tenangnya menjelaskan alasannya kenapa baru datang. Setelah itu rapat dipending dan kuliah dulu.

Beberapa adegan perkuliahan terekam dalam lensa sang pencipta, nantinya akan diketahui siapa saja yang tidak memperhatikan, menguap/mengantuk, bahkan tidur didalam kelas, huahaha……kenapa pembicaraan kearah sini ya??

ga kok…..anak KL itu jarang ada yang malas begitu, kecuali mungkin ‘pembuat blog’ ini ya…

hohoho…. pokoknya anak KL tuh ulet-ulet deh!! underline……ulet-ulet lho!! bukannya ulat-ulat!

Anak-anak KL itu rajin menabung, baik hati, suka menolong, juga suka gotong royong. Hehehe…..

Kuliah selesai, anak-anak siap-siap keluar, sempat terdengar teriakan

ooiii..tetap di kelas…..rapatnya mau dilanjutin”

Apa daya, teriakan pemuda itu….. ( entah siapa, ‘pembuat blog’ juga tidak tahu siapa yang teriak )

Suaranya teredam, luluh lantak…..bahkan suaranya menciut dengan sendirinya melihat anak-anak yang tak terbendung lagi saat keluar, entah memang sebenarnya tidak dengar, atau memang dengar tapi cuek, hueehehe……

kasihan juga sih yang teriak tadi, maaf yaaaa…..

Yah, itulah sekelumit kisah anak KL, nantikan episode selanjutnya yaa……lagian nantinya mau dibuatkan kedalam mini seri dan difilmkan, dan dibuat versi original lengkap dengan versi bajakannya.

Oleh: Inforkom KL | Maret 25, 2008

Curhatan ‘pembuat blog’

Uhuhuuu…hik..hiks…kenapa sampai sekarang tidak ada yang mau isi komentar disini?? Padahal blog ini dibuat dengan mencurahkan segala kemampuan yang ada, bahkan penuh perjuangan…penuh air mata..sampe nangis2 darah (halah..)

Memang sih blog itu buatnya gampang, apalagi buat alamatnya…wuihhh…gampang beneerrr….ga nyampe semenit! tapi menyusunnya itu lho… leher saya ampe kaku dan pulangnya ditimpuk pake bantal guling ama sahabat saya, tujuannya ya itu…..memperbaiki tata letak urat leher yang terlanjur nda bisa bisa berbelok walaupun hanya seratus enam puluh derajad ….

( org yang tidak berkepentingan : “ya iyalaaah…mana ada leher bisa diputerin sampe segitunya, ada-ada aja nih si pembuat blog!! “
( Pembuat blog : “hei! Orang yang tidak berkepentingan! Mau ditimpuk juga ya pake sandal kayu? Dengerin dulu org sampe ngomong!!” )

Maaf pembaca, sory ya….itu tadi orang yang tidak tahu apa-apa tentang penderitaan saya, lanjut…sekarang begini saja, saya minta anda semua ramein blog kita ini, kalo seandainya anak2 kesling aja ga mau masuk kesini, gimana anak2 lainnya…

pasti diludahin kali nih blog….(eh! jangan berprasangka dulu di’..) Baca Lanjutannya…

Oleh: Inforkom KL | Maret 12, 2008

Ungkapan Cinta Dalam 100 Bahasa di Dunia

English – I love you
Afrikaans – Ek het jou lief
Albanian – Te dua
Arabic – Ana behibak (to male)
Arabic – Ana behibek (to female)
Armenian – Yes kez sirumen
Bambara – M’bi fe

Bangla – Aamee tuma ke bhalo aashi
Belarusian – Ya tabe kahayu
Bisaya – Nahigugma ako kanimo
Bulgarian – Obicham te

Cambodian – Soro lahn nhee ah
Cantonese Chinese – Ngo oiy ney a
Catalan – T’estimo
Cheyenne – Ne mohotatse
Chichewa – Ndimakukonda
Corsican – Ti tengu caru (to male)
Creol – Mi aime jou
Croatian – Volim te
Czech – Miluji te
Danish – Jeg Elsker Dig
Dutch – Ik hou van jou

Esperanto – Mi amas vin
Estonian – Ma armastan sind
Ethiopian – Afgreki’
Faroese – Eg elski teg
Farsi – Doset daram
Filipi no – Mahal kita
Finnish – Mina rakastan sinua
French – Je t’aime, Je t’adore
Gaelic – Ta gra agam ort
Georgian – Mikvarhar
German – Ich liebe dich Baca Lanjutannya…

Oleh: Inforkom KL | Maret 12, 2008

Miliarder termuda di dunia?

[ Sabtu,08 Maret 2008 – 03:56 AM]

New York – Ladang bisnis internet memang menggiurkan dan bisa membuat para pelakunya kaya raya dalam usia sangat muda. Seperti halnya Mark Zuckerberg, pemuda 23 tahun yang memiliki situs jejaring sosial populer, Facebook.


Mark Zuckerberg (usatoday).

Dalam laporan terbaru majalah keuangan terkemuka Forbes, Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia pada saat ini. Total kekayaan pribadi Zuckerberg menurut penelusuran Forbes adalah sebesar US$ 1,5 miliar.

Meski demikian, Baca Lanjutannya…

« Newer Posts - Older Posts »

Kategori